Kegiatan Positif ketika browsing internet...

Label:
Apakah kita semua tahu apa yang dimaksud dengan jaringan internet? Ya, mungkin kata-kata itu sudah tidak asing lagi bagi telinga kita. Tapi apakah kita semua tahu kegiatan apa saja yang dapat dilakukan melalui jaringan internet tersebut? Kegiatan di internet ada dua macam yaitu kegiatan positif dan kegiatan negatif. Dalam artikel ini kita akan membahas tentang kegiatan positif di internet pada zaman sekarang ini.

Berikut ini adalah beberapa kegiatan positif di internet :

1. Dapat mengelola situs-situs di internet dengan baik dan tidak menyalahgunakan untuk terjerumus ke hal-hal yang negatif. Kegiatan positif di intenet misalnya kita dapat menjelajah ke seluruh dunia. Pasti kita semua bingung apakah yang dimaksud dengan menjelajah ke seluruh dunia? Ya, arti menjelajah disini hampir mirip dengan arti menjelajah sebenarnya. Arti menjelah sebenarnya adalah kita mengunjungi suatu negara ke negara lain nya, tetpai arti menjelajah di internet adalah kita di indonesia dapat mengetahui apa yang sedang terjadi di negara-negara lain seperti Amerika, ataupun Australia tanpa harus kita ada di sana atau kita pergi ke negra-negara tersebut.Kita hanya cukup diam di depan koputer kita yang sudah terhubung dengan jaringan internet dan membuka situs-situs yang menyangkut masalah-masalah yang kita ingin tahu.

2. Dapat menjelajah ke Negara-Negara lain kita juga dapat leluasa berkomunikasi dengan sodara-sodara kita yang berada di Negara lain dengan cepat dan efektif. Selain itu juga kita dapat mengetahui keadaan sodara kita dengan menggunakan video call yang sudah tersedia di beberapa situs di internet. Contohnya yahoo! Messenger / Windows Live Messenger atau sering juga di sebut MSN.

3. Dapat mengetahui berita-berita yang menarik dan mungkin belum diketahui oleh kita semua. kita semua mempunyai kesibukan masing-masing terlebih lagi pengusaha yang besar dan orang-orang penting yang tidak mempunyai waktu cukup banyak untuk membaca Koran di setiap pagi. Bahkan mereka juga tidak sempat untuk sarapan pagi apalagi untuk membaca Koran mereka tidak mempunyai waktu untuk itu tapi dengan adanya dunia internet / maya mereka dapat mengetahui apa yang sedang terjadi tanpa perlu membaca Koran tetapi mereka hanya butuh membuka situs-situs yang dapat memberikan informasi yang mereka butuhkan. Contohnya situs yang memberikan berita tentang politik, aktris / aktor dan masih banyak berita / informasi yang bisa kita dapatkan. Contoh situs nya adalah lintasberita.com dan detik.com.

4. Dapat menyapa sanak saudara kita dengan situs komunitas. Beberapa macam situs komunitas di internet adalah friendster dan yang lagi popular pada saat sekarang ini adalah facebook. Melalui situs komunitas tersebut kita dapat menyapa teman-teman kita yang ada di pulau atau Negara berbeda. Bukan hanya itu saja kita juga dapat mengetahui status teman-teman kita bahkan melalui situs komunitas tersebut kita juga dapat bertemu dengan teman lama kita dan dapat berkomunikasi langsung dengan mereka asalkan mereka pun ikut bergabung dengan situs komunitas tersebut.
Kepintaran kita tidak dapat kita gunakan jika kita tidak dapat bersosialisasi. Melalui situs komunitas tersebut juga kita dapat mendapatkan teman baru. Yang tadinya tidak saling mengenal akan menjadi teman karena kita dapat berhubungan dengan teman tersebut maelalui situs ini.

5. Dapat berbisinis secara online. Pasti kita semua bingung bagaimana caranya berbisnis online? Ya, berbisnis online sangatlah gampang asalkan kita semua mempunyai syarat-syarat sama seperti di atas yaitu kita mempunyai sebuah computer yang telah tersambung dengan jaringan internet dan kita juga harus mendaftar dahulu ke situs komunitas ataupun ke situs-situs yang menyediakan berbagai layanan untuk kita dapat berbisnis secara online. Contohnya situs komunitas seperti friendster atau layanan berbisnis seperti kaskus.com. Caranya mudah saja kita hanya memasukan gambar yang akan kita jual seperti baju, tas, celana, dan masih banyak lagi. Selain itu juga kita boleh mencantumkan harga barang-barang yang mau kita jual atau tidak. Jika tidak kita harus mencantumkan no telephone kita yang bisa dihubungi agar para peminat / pembeli dapat menanyakan langsung kepada kita. Jika antara penjual / pembeli sudah sepakat maka pembeli harus mentransfer uang sebesar harga barang yang akan mereka beli setelah itu pedagang juga harus mengirimkan barang itu dengan cara paket.


6. Membuat Tulisan

Meskipun untuk membuat tulisan yang baik dibutuhkan akses internet agar bisa mengumpulkan data dan melakukan penelitian lebih dulu, membuat tulisan saat koneksi internet lambat atau tidak ada sama sekali akan membuat tulisan kita lebih orisinil dari hasil pemikiran kita dan tidak tergantung pada tulisan yang sudah ada atau ide-ide orang lain. Kita bisa membuat dan menyimpan tulisan kita di Word dan menerbitkannya setelah koneksi normal.

7. Melakukan Review Dan Memikirkan Strategi Penulisan

Melakukan Review  Dan Memikirkan Strategi Penulisan blog kita perlu kita jadwalkan secara teratur setiap minggu. Namun saat koneksi bermasalah adalah waktu luang yang bisa kita gunakan untuk kembali Melakukan Review Dan Memikirkan Strategi Penulisan blog kita. Bagaimana perkembangan blog kita? Siapa saja yang telah membacanya, Bagaimana reaksi pembaca, Bagaimana semangat kita sebagai blogger? Bagaimana peluang blog kita sesuai niche yang kita targetkan? Kita tidak hanya melakukan review tapi juga memikirkan rencana strategi yang akan kita capai setelah koneksi kembali normal.

8. Penyegaran Ide-Ide Penulisan

Ide-ide tulisan baru bisa kita hasilkan dengan melakukan penyegaran berupa catatan-catatan kecil setiap ide yang muncul dan membuat kerangka isi tulisan secara offline. Saya biasanya melakukannya di Microsoft Word.

9. Membuat Jadwal Penulisan

Jadwal penulisan tidak harus kita buat saat online, karena bisa kita buat saat offline. Misalnya kita bisa membuat jadwal untuk tulisan selama 1 bulan, yang akan kita posing tiap 2 hari. Ide-ide tulisan bisa kita jadikan judul tulisan sementara sedangkan isi tulisan bisa berupa kerangka saja, yang bisa kita kembangkan setelah koneksi normal bila kita masih membutuhkan pengumpulan data dan melakukan penelitian.

10. Membersihkan Inbox email kita.

Hal ini tergantung system email yang kita gunakan, apakah bisa dilakukan penghapusan email pada saat offline. Misalnya di yahoo tidak bisa kita lakukan saat offline sedangkan Gmail bisa. Bila kita menggunakan gmail, kita bisa gunakan waktu luang ini untuk menghapus inbox dari email-email yang tidak begitu penting.

11. Membuat ebook gratis

Untuk membuat ebook gratis, kita bisa gunakan pdf creator dari acrobat reader dan lain-lain. Ebook ini bisa kita pasang di blog kita setelah kembali online untuk kita berikan gratis pada pelanggan RSS feed kita.

Koneksi internet yang payah memang membuat frustasi, namun jangan sampai kita terperangkap dalam keputusasaan. Kita bisa melakukan hal-hal yang membuat kita lebih produktif dan memanfaatkan waktu yang ada.

Bagaimana dengan anda? Apa pikiran dan tindakan positif yang anda lakukan saat koneksi internet lambat? Anda pasti punya tindakan positif yang lain. Silahkan share dengan teman-teman yang lain. Thanks
0 komentar:

Posting Komentar

Web Hosting >< jumlah pengunjung blog saat ini hit counter
hit counter

Mengenai Saya


Tab 1.1
Tab 1.2
Tab 1.3
Tab 2.1
Tab 2.2
Tab 2.3
Tab 3.1
Tab 3.2
Tab 3.3